Alasan aku belajar di Kampung Inggris selama 1 bulan bukan karena di suruh orangtua, tapi karena aku mau sendiri, aku mau mencoba belajar jauh dari orangtua lebih dari 1 minggu dan bisa berbicara bahasa Inggris lebih baik.

Kampung Inggris di Pare ada lebih dari 100, tapi aku memilih belajar di CEC ( Coupis English Course ). Aku adalah siswa yang paling muda disana, yang lain umurnya sudah 17 atau lebih. Disana juga banyak yang merokok tapi saat 1 minggu terakhir aku disana, pelatihnya membuat aturan untuk melarang siswa untuk merokok dalam kelas/pelajaran.

Keluargaku mengantarku ke Pare pakai mobil. Kami berangkat pada tanggal 5, setelah orang tua ku selesai pertemuan wali santri tempat abangku mondok dan pengambilan report hasil belajar di pondok pesantren. Abang Askar ikut juga karena libur pesantren selama 7 hari. Perjalanannya menghabiskan sekitar 10 jam, kami sampai di pare tanggal 6.

Setiap jam 5 setelah kami sholat subuh, aku dan peserta yang lain harus berkumpul di depan untuk menghafal kosakata baru dan senam pagi

Setelah melakukan kegiatan di pagi hari, kami semua sarapan dan beristirahat sebelum masuk kelas. Kami mulai belajarnya jam 7 kecuali siswa kelas A1, mereka masuk kelasnya jam 9.

Disana ada 4 pelajaran : Writing, Grammar, Listening dan Speaking, tetapi setiap hari hanya 2 kali belajar. Jikalau masih bingung sama materinya, kami bisa belajar lagi di additional class.

Setiap hari jum’at kami mengulangi semua materi yang dipelajari minggu kemarin atau Ujian. Setiap hari Rabu ( mungkin khusus di CEC? ) kami setelah sholat isya menonton film berbahasa inggris bersama. Setiap hari jam 7.30 ada briefing untuk membahas sesuatu untuk hari selanjutnya.

Saat minggu ke-3 hari sabtu, kami semua liburan ke Gunung Kelud. Kami menyewa motor untuk ke Gunung Kelud dan ke rawanya. Bisanya hanya jalan kaki atau naik ojek yang harganya sekitar 30.000 dari parkiran terakhir motor (sama jalan kaki). Aku jalan dari parkiran sampai kawahnya sekitar 7 km. Kami berfoto-foto di atas Kawah

Setelah kami foto-foto kami balik lagi ke tempat parkiran untuk makan

Semua yang ada di warung ini Siswa kampung inggris CEC

Habis ke Gunung Kelud Kami juga ke Simpang Lima Gumul Kediri

Aku selama disana belajar 16 tenses, Auxiliary, Modal, Nominal tense, Noun phrase dan Passive voice.

Tanggal 7 November, Nenekku Jemput aku dan kami bersama naik kereta untuk pulang ke Jakarta 🙂