*Kisah Ribbiy, 13 tahun

sabtu, 4 januari 2020

Kami mulai ber-packing barang dan peralatan untuk berkemah 1 hari sebelum keberangkatan.

Keesokan harinya, tanggal 4 januari 2020, kami sekeluarga mulai berangkat sesudah sholat subuh (jam 5 pagi) kami sampai di tempat tujuan, Villa Bukit Hambalayang jam 7 pagi.

Aku dan keluargaku menurunkan semua barang yang dimobil ke tenda kami yang sudah disediakan oleh panitia dan juga tenda keluarga JKQ yang lain. Acara berkemah JKQ segera dimulai (jam 7 pagi), semua peserta/keluarga berkumpul di camp utama, camp bromo. Acara pembukaannya berlangsung sampai jam 9.

Pembukaan
menyanyi indonesia raya

Setelah acara pembukaan sudah selesai yang orangtua ada kajian dan yang anak-anak ada acara di kids corner.

get nae naed

Aku (ribbiy), adik Ramziy, kakak Adhifa dan anak-anak peserta yang lain bersenang-senang mengikuti kegiatan di kids corner, kami disana membuat nametag ( dan kelompok?? ), mendengar cerita dari kakak-kakak dan tanya jawab. Kami semua mengikuti kegiatan ini sampai jam 12 siang.

Sesudah aku dan peserta keluarga lainnya sholat dzuhur kami semua makan siang bersama.

Setelah itu Sebagian dari peserta istirahat di tenda masing-masing (termasuk aku dan keluargaku… Mungkin tidak semua keluargaku beristirahat whoops. ) dan sebagian masih penuh dengan energi untuk melanjutkan kegiatan.

Peta dan kegiatan JKQ-4 zoinks

Kami semua tidak masuk ke wahana Goa… Cuman beberapa sih

Kami beristirahat sampai adzan Ashar Dan siap untuk kegiatan selanjutnya. Kegiatan selanjutnya adalah family outbound, di outbound ini ada 5 permainan. Ada Tebak kata, Ranking 1, Menyusun surat qur’an yang pendek, menebak surat Qur’an juz 30 dan mengisi botol dengan air ( dan keseimbangan? ).

Setiap permainan memiliki sepuluh menit untuk bertarung bersama kelompok, saat sudah lewat sepuluh menit kelompok dan musuh kami bertukar permainan dengan kelompok peserta yang lain.

Sesudah outbound#1, kami semua beristirahat dan bersih-bersih sesudah basah karena air, terkena tanah atau kotoran lainnya (atau mungkin keringat).

Maghrib sampai adzan isya, aku, keluargaku dan peserta lainnya mengambil makan malam di area kids corner dan makan ditenda masing-masing (pakai peralatan makan sendiri). Setelah itu aku ketiduran di sekitar jam 8 malam.

Kegiatan yang aku lewati

Minggu, tanggal 5 Januari 2020

Aku dibangunkan oleh Abiku pada jam 4 pagi untuk sholat subuh , sesudah sholat aku lanjut tidur tapi kalau yang lain ( tidak semua sih ) ke camp bromo untuk mendengarkan kajian dipagi hari. Aku bangun dari tidur dan sarapan bersama, sebagian besar dari peserta melakukan senam nusantara sebelum melakukan kegiatan outbound#2: outbound fisik.

Karena aku tidak ikut outbound 🙁 jadinya aku tidak tahu peraturan permainannya ( hanya namanya saja ). Di kegiatan outbound fisik ada 4 pos : pos pertama yaitu Running Man, pos kedua yaitu spider-man ( bukan yang kayak gitu), pos yang ketiga yaitu perang badar, dan pos yang terakhir adalah penjinak bom ( bukan bom beneran yaak ).

Setelah menunggu untuk semua selesai outbound kami semua mengikuti kegiatan yang terakhir yaitu penutupan, pembagian hadiah dan foto bersama.

Setelah itu kami pulang.

Pengalaman aku di liburan/ perjalanan ini adalah bisa lihat lebih jelas betapa indahnya alam luar dan pemandangan ciptaan Allah swt.

Leave a Reply