Juli 21

Dari bandara brunei kami naik pesawat royal Brunei ke Bandara narita, jepang, perjalanannya itu sekitar 6 sampai 7 jam dari brunei ke jepang..LAMA! Aku banyak tidur padahal ada layanan nonton film atau games.

Juli 22

Sampai di bandara jepang ( narita airport ) pagi hari. Kami istirahat dulu santai sejenak, setelah kirim kirim barang ke teman teman ummi dan naik bus ke tempat stasiun kereta, aku di bus baca al ma’tsurat dan melihat pemandangan. Setelah bisnya sampai Kasai Station, kami keluar dari bis, sebelum naik kereta kami makan-makan dahulu di samping stasiun keretanya. Kebab halal yang lezat !

Setelah kami makan kami masuk ke stasiun kereta, kami menunggu kereta sampai datang ( engga sampai 5 menit kok ). Kereta datang kami masuk dalam kereta dan sampai di Nishi Kasai ( tempat apartemen kami ), kami turun dari kereta dan mulai jalan ke tempat apartemen kami di Nishi Kasai. Saat sudah jalan sekitar 5 sampai 10 menit kami sudah sampai di apartemen kami menaruh barang-barang dulu dan di traktir sama……..Temen umi.

Setelah makan kami ( sama teman umi ) balik ke apartemen dan tidur.

juli 23

Kami bangun pagi, mandi, gosok gigi, merapihkan kasur sendiri dan beli sarapan di OK Supermarket di depan apartemen, setelah itu kami naik kereta menuju Tokyo Tower. Sesudah sampai kami jalan kaki dari stasiun kereta ke Tokyo Tower ( lumayan dekat dari stasiun keretanya ), kami sampai di sana umi membeli barang untuk pesanan dan aku menunggu umi di tempat duduk terdekat sambil makan onigiri. Sesudah berbelanja kami mulai jalan lagi ke tempat Arabic Islamic Institute in Tokyo karena umi di undang kesana karena ada acara perpisahan dosen. Disana kami makan-makan

Habis makan kami sholat dan balik ke stasiun kereta untuk ke stasiun bis karena kami ingin membawa 8 koper besar peserta dari bandara Narita ke apartemen. Sesudah semua itu kami balik lagi ke apartemen.

juli 24

Kami bangun sangat pagi untuk sholat subuh dan umi bersiap-siap untuk menjemput peserta ke apartemen dan aku tetap di apartemen. Saat sudah maghrib Umi balik ke apartemen bersama pesertanya ( peserta ada 4 ) dan kami ( umi dan aku ) beli makan dan minuman di OK Supermarket. Setelah itu kami semua tidur.

juli 25

Di pagi hari kami ( termasuk pesertanya ) semua siap-siap untuk jalan-jalan ke ueno park, kami pakai kereta untuk menuju ke tamannya. Sudah sampai di depan tamannya kami foto-foto dulu sebentar.

Kami selama di sana foto-foto di depan Kuil

Menjelajahi taman ( karena tamannya lumayan luas ), melihat-lihat di Museum Nature and Science

Dan mengunjungi ke Kuil yang berbeda ( hanya foto-foto sih )

Habis kami mengunjungi Taman Ueno, kami makan. Kemudian, Peserta dan Umi berbelanja di Pasar Ameyoko. Setelah kami berbelanja dan sudah kenyang peserta juga ingin mengunjungi Asakusa karena pesertanya ingin berbelanja di sana, jadi umi dan aku menunggu di tempat duduk. Sesudah berbelanja kami semua balik ke apartemen.

juli 26

Pagi kami bangun, mandi, sholat dan mulai jalan menuju stasiun kereta karena ingin ke Shinjuku gyoen

Kami di sana hanya foto-foto dan keliling taman, setelah puas di sana kami menuju ke masjid Tokyo untuk sholat jum’at ( yang laki-laki termasuk aku, ribbiy) dan yang perempuan foto-foto di depan masjidnya

Setelah aku sudah sholat jum’atnya aku beli samyang satu untuk nanti di apartemen, dan kita semua ke Omotesando. Di sana masuk ke Toko Onitsuka. Lalu ke Harajuku street, peserta tour belanja. Lanjut ke Shibuya foto sama patung anjing

Habis itu kami balik ke apartemen ( tapi pesertanya ke hotel karena mereka upgrade fasilitas penginapan )

juli 27

Pagi, bangun , mandi, keluar, naik kereta, turun di dekat mall Yodobashi-Akiba, di sana kami semua melihat dan membeli barang termasuk aku yang beli lego MiniFigures ( yang sekarang sudah hilang D: ) Sudah selesai meliha-lihat di mall itu kami makan siang di Cinta Jawa Cafe

Kami makan-makan di sini, dan harga mie ayam di sini…10x lebih mahal ( sekitar 800-900 ) ;-;. Setelah makan, para peserta mau belanja lagi di Harajuku karena belum puas kemarin. Setelahnya, kami ke Sumidagawa Firework Festival.

Aku dan peserta menunggu di cafe ( bukan cinta jawa cafe ) setelah umi sudah melihat petasan ( cuma percikannya XD ) kami semua balik ke hotel masing-masing. Tapi kalau Umi dan aku bersilaturahim ke rumah ustadz Sugimoto. Selesai bersilaturahim kami balik ke apartemen.

juli 28

Aku ditinggal lagi sama Umi karena Umi mengantar tamu ke bandara narita untuk balik ke Indonesia. Umi belanja pesanan teman temannnya. Sesudah ummi pulang ke apartemen, kami packing. Malam hari, umi dan aku naik kereta ke stasiun bis karena bisnya mulai jalannya pagi ( dan saat itu jam 10 malam ) kami duduk dan tidur di bangku halte bis.

juli 29

Sudah pagi, bisnya sudah datang kami memasukan koper ke bagasi bis dan kami masuk bis untuk menuju ke bandara Narita, kami sudah sampai ke narita, check-in dan masuk pesawat Royal Brunei…

cerita transit di brunei bisa ke link ini :

Juli 30

Tiba di Indonesia, jam 2 pagi !