It’s my very first time visiting Thailand, a year ago approximately. Mendampingi para petugas-petugas kesehatan sebanyak 20 orang yang melakukan studi banding ke beberapa Rumah Sakit di Thailand. First impressionnya its totally Jakarta banget kalo menurutku, dari segi situasi dan kondisi jalanannya dan masyarakatnya.

Tiba di Thailand langsung disambut makanan khas Thailand di Resto Halal, ternyata masakan Thailand memang cocok banget sama lidah kita ya, itu menurut saya lhooo. Lanjut ke Asiatique. Street foodnya Thailand juga paling terkenal di dunia karena banyak ragamnya dan cuma ada di Thailand. Tapi tetap kita harus berhati-hati dan aware kehalalan makanannya. Jadi, bertanyalah sebelum membeli dan mengkonsumsinya. Thailand juga terkenal dengan wisata belanjanya, mulai dari yang ala-ala Tanah Abang-an sampe yang model-model ITC juga ada, harganya juga variatif dan lumayan murah jika di kurskan. Ga heran kalo jastip-an Thailand juga banyak orang-orang incar.

Selama di Thailand karena tujuan para tenaga kesehatan ini adalah untuk studi banding, jadi saya pun sedikit banyaknya mendapat wawasan baru seputar system pelayanan di Rumah Sakit.

Di Thailand mereka juga punya system asuransi kesehatan gratis dari pemerintah untuk masyarakat kurang mampu. Kalo di Jakarta bisa dibayangkan antrian panjangnya nih, tapi di Thailand hampir tidak ada antrian panjang di RS, waktu tunggu pasiennya pun cukup singkat.

perjalanan antar 2 rumah sakit, via bus. saking optimalisasi waktu, lunch pun di dalam bus.

Secara pelayanan pun tidak ada bedanya untuk yang biaya mandiri ataupun yang berobat dengan menggunakan asuransi kesehatan gratis dari pemerintah. Bahkan sudah ada beberapa rumah sakit yang pendaftarannya melalui aplikasi atau secara online.

Ini di Indonesia pun sebenarnya sudah ada ya, tapi bedanya di negara kita masih di perlukan surat rujukan dari faskes atau puskesmas, dan ini yang membuat proses berobat memakan waktu lama. Mungkin Indonesia perlu belajar membenahi system ini dari Thailand.

Selain hospital visit, jalan jalan refreshing juga ke Nongnouch Garden.

Dan menikmati keseruan malam di Pattaya,

*CNM

Leave a Reply